ALKHAIRAAT

Ternate

Ternate – Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Alkhairaat Habib Ali Muhammad Aljufri dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Maluku Utara dan Maluku, Rabu (28/1), menyempatkan bertemu Walikota Ternate H Burhan Abdurrahman.

Dalam pertemuan itu, Habib Ali mengutarakan rencana pengembangan Madrasah Diniyah Awwaliyah (MDA) Alkhairaat di kota itu.

Dalam pertemuan yang dilaksanakan di ruang kerja walikota itu, Habib Ali menyampaikan betapa pentingnya pendidikan agama bagi anak-anak. Dan Alkhairaat telah lama memiliki kurikulum dari tingkat Madrasah Diniyah/Ibtidaiyah hingga Aliyah.

“Sekarang tamatan-tamatan Alkhairaat sudah banyak berkarir di berbagai bidang, bahkan sampai menteri,” kata Habib Ali.

Walikota Ternate secara pribadi mengakui kwalitas kurikulum Alkhairaat dan sangat merasakan manfaat belajar di Alkhairaat.

“Hanya sekitar dua atau tiga tahun saya belajar di Alkhairaat. Tetapi saya mampu menulis Al Qur’an hingga 30 juz jika di Imla-kan,” kata Walikota.

Tahun ajaran ini, dia akan mewajibkan semua Sekolah Dasar di Ternate untuk menggunakan kurikulum pelajaran-pelajaran Diniyah Alkhairaat sebagai pelajaran tambahan. Ia berharap ada kerjasama antara Pemerintah Kota Ternate dengan PB Alkhairaat, dan diadakan semacam Workshop sebagai pembekalan bagi guru-guru agama SD.

Ketua Komisaris Wilayah (Komwil) Alkhairaat Maluku Utara, H Nasrun Abdullah juga mengatakan, anggapan jika alumni Alkhairaat hanya bisa menjadi ustadz atau imam, dengan sendirinya sudah terhapus.

“Jadi alumni Alkhairaat sudah duduk di berbagai jabatan penting, seperti walikota ataupun seperti Ustadz Gani (Gubernur Maluku Utara),” kata Nasrun

Ia juga mengatakan, belajar di Alkhairaat akan mendapat dua manfaat, disamping mendapat ilmu, juga ada keberkahan yang diperoleh, juga pendidikan akhlak yang sangat diperlukan generasi muda.

Dalam kesempatan itu, secara lembaga Komwil Alkhairaat Maluku Utara mengundang Walikota Ternate menghadiri silaturrahim warga Alkhairaat di kompleks Alkhairaat Kalumpang, Kota Ternate pekan depan.

Sumber :http://alchairaat.sch.id/2015/07/07/walikota-ternate-akui-kwalitas-kurikulum-alkhairaat/